Modifikasi Teks Eksposisi

 Oleh: Moh. Alim


Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Anak-anakku kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3 yang saya sayangi dan saya banggakan. Selamat Hari Santri untuk kalian semua. Berbahagialah jika kalian pernah menjadi santri dan masih menjadi santri. Karena santri tidak jadul seperti perkataan orang jaman dahulu. Santri sekarang itu berkemajuan dan melek teknologi. Banyak sekali profesional-profesional muda yang berlatarbelakang santri.




“Eksistensi santri kian hari semakin diakui. Kalau dulu alumni santri masih malu-malu mengakui dirinya sebagai santri, tapi hari ini kita harus bangga karena sudah punya wakil presiden yang dalam kesehariaannya tidak pernah lepas dengan sarung sebagai ciri khas dari santri,” kata Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kota Bekasi.

Tujuan pembelajaran pada hari ini adalah siswa bisa mengembangkan sebuah tema menjadi teks eksposisi yang baik.
Sebelum menulis teks eksposisi kita harus ingat bahwa teks eksposisi adalah teks yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang suatu hal. Sehingga terbentuk sebuah pemikiran yang sederhana bahwa untuk menyampaikan informasi kepada orang lain, saya harus tahu dulu informasi yang akan dibahas. Sehingga informasi yang nantinya disampaikan dalam teks eksposisi tersebut adalah informasi yang benar dan bukan hoax.
Jangan mempersulit diri sendiri dengan menulis teks eksposisi yang informasinya tidak kalian ketahui. Tema yang bisa kalian coba untuk belajar menulis teks eksposisi sangat banyak, misalnya: Harga tembakau stabil rendah di musim kemarau basah, Pupuk langka petani tak bisa bahagia, dan yang tema yang lainnya yang ada di sekeliling kalian semua.
Dua kalimat di atas tidak banyak bedanya. Namun memiliki makna dan isi yang beda atau bertolak belakang. Begitulah langkah pertama kita belajar menulis teks. Teks apapun, termasuk teks eksposisi. Lihatlah contoh-contoh teks eksposisi yang bagus, kemudian amati bagaimana susukan kalimat dan pilihan kata yang dipakai. Setelah itu kalian bisa membuat teks eksposisi yang baru dengan tema baru. Caranya dengan memodifikasi contoh-contoh tersebut dengan tema dan isi kalimat yang baru. Tidak sulit kan?

Gunakanlah langkah-langkah memodifikasi kalimat untuk mengembangkan kerangka yang telah kalian buat sebelumnya. Jangan bingung untuk membuat kalimat. Perhatikan contoh modifikasi kalimat berikut:
1. Teman, melihat wajahmu dalam foto profile WhatsApp-mu membuat aku bahagia. Kau tersenyum dengan indah.

2. Teman, melihat wajahmu dalam foto profile WhatsApp-mu membuat aku sakit perut. Hahahaa... Kau memang sudah gila dengan dia ya.
Selamat mencoba dan semangat belajar.

Jangan lupa untuk absensi daring dengan menuliskan NAMA dan NOMOR ABSEN pada kolom komentar yang tersedia.
Wassalamu'alaikum warahmatullohi wabarokatuh

Guru Bahasa Indonesia
Moh. Alim, S.Pd
Wa. 0823-3427-7228

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelopak Bunga yang Terakhir (ANGST STORE)

Analisis Teks Argumentasi

Meningkatkan Budaya Positif