Meningkatkan Kedisiplinan

Moh. Alim


Senin di 30 Januari 2023 sangat temeram. Suasana sejuk sisa hujan kemarin malam masih menyelimuti. Kabut tipis menghantarkan peserta didik dalam kegiatan upacara bendera di lapangan utama SMA Negeri 1 Kepohbaru. Semangat mereka tidak berkurang meski mentari malu-malu memunculkan cahayanya. Terlihat hanya sejumlah lima peserta didik yang baris di luar barisan utama peserta upacara.



Petugas upacara pada sesin ini adalah kelas X-2. Wali kelasnya bernama pak Eko Budi Prasetyo, guru olahraga. Melewati beberapa kali latihan, mereka tampak yakin dan percaya diri melaksanakan kewajiban mereka. Tidak ada kesalahan berarti dalam seluruh rangkaian upacara hari ini.


Pembina upacara pada senin ini adalah Ibu Sufini Hendriyani, atau biasa akrab dipanggil Bu Yani. Beliau menjabat sebagai wali kelas XII-IPS.2 dan juga koordinasi kopsis. Beliau sangat runtut dan jelas sekali dalam memberikan amanat upacara.


Tak banyak yang disampaikan Bu Yani. Antara lain tentang kedisiplinan siswa. Kedisiplinan adalah cerminan diri siswa. Beberapa hal yang menjadi tolok ukur kedisiplinan adalah kerapian baju, kebersihan kelas, dan kesiapan mentaati peraturan sekolah misalnya dalam hal seragam harian, mengikuti pembelajaran sesuai jadwal dan hal lainnya.


Sekolah telah membuat pagar keliling untuk memberikan kenyamanan belajar bagi peserta didik. Tujuannya agar tidak ada orang asing yang bebas masuk ke sekolah dan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuan lainnya adalah mentertibkan peserta didik agar mengikuti pembelajaran sesuai jadwal yang sudah ditentukan.


Kebersihan kelas sangat mempengaruhi proses belajar peserta didik. Jika ruangan kelas masih ada sampah yang berserakan, maka proses belajar tidak akan berjalan lancar. Suasana belajar tidak kondusif. Bu yani selalu menunda pelajaran ketika masih ada sampah berserakan di kelas. Beliau meminta peserta didik untuk bersama-sama membersihkan sampah terlebih dahulu. Hal ini bisa juga biasanya dilakukan oleh bapak dan ibu guru yang lain. Agar muncul budaya baik dalam diri peserta didik. Yakni budaya hidup bersih, budaya peduli lingkungan, dan budaya tolong menolong.


Bojonegoro, 30 Januari 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelopak Bunga yang Terakhir (ANGST STORE)

Analisis Teks Argumentasi

Meningkatkan Budaya Positif