Urip Gak Oleh Galau


Oleh: Mbah MuhammadAlim

Pagi itu Si Mbah sedang menjenguk cucunya. Dia duduk di sebelahku dan minta dibuatkan kopi oleh kekasihku.

Setelah kopinya jadi dan satu tuangan telah ia seruput, Si Mbah mulai dengan cakapannya yang khas penuh dengan nasehat.

Dari pertemuan itu Aku dapat rumus bahagia dari Si Mbah. Aku masih ingat betul yang diucapkan Si Mbah.

Si Mbah: "Le, Urip iku Ojo digawe susah Dewe."

Aku: "Lha kok ngunu Mbah, maksute kepriye Mbah?"

Si Mbah: "Ngene Le, Urip iku wis pasang-pasangan, ono susah ono seneng, Ono kurang Ono luwih. Soko iku, masing-masing pribadi dari pasangan itu harus berusaha mengerti dan memahami."

"Nek masing-masing iku selalu minta dimengerti dan dibaiki, maka ya uripe bakal nggrangsang." Lanjut Si Mbah.

Aku: "Kok Nggrangsang bereng to Mbah. Tambah bingung aku."

Si Mbah: "Lha kepriye gak Nggrangsang, nek sijine selalu arep-arep dimengerti, tapi gak tau gelem mengerti, dadine repot. Nek gak oleh pengertian dari pasangane mesti atine susah, terus srengen."

Aku: "Terusane piye Mbah?"

Si Mbah: "Siji maneh, masing-masing orang dalam pasangan harus berusaha membuat hal baik kepada pasangannya. Misalnya pasangane lagi ngelu sirahe, kudune sing siji ngapik'i, misale nukokne obat, mijiti sirahe, ngerok'i gegere, lan liya-liyane. Iku contoh usaha ngapik'i pasangan terhadap pasangane."

"Lha nek kosok baline, pasangane sirahe ngelu malah dinjarke ae, hawat-hawat gak roh, malah ditinggal ndelok yuk tube, iku kan gak apik. Sotomatis pasangane bakal susah atine."

Aku: "Mbah-mbah, bahasanya pean kok apik tenan Mbah. Aku dadi lesu, krungu sotone Yuk Tub."

Si Mbah: "Kowe Ki panganan ae sing dipikir, intine ngene Le :

1. Mencobalah untuk mengerti, jangan berharap untuk dimengerti.

2. Mencobalah untuk berbuat baik kepada pasangan, jangan minta dibaik-baikin terus.

Nek iku iso kok lakoni, InsyaAllah uripmu bakal ayem, ugak galau terus. Heheheee."

Aku: "Jan gaul tenan Mbahku Iki. Suwun nasehate Mbah."

Seruput kopi sebelum berfikir yang lain.

*
Jika menurut kalian baik, silahkan kalian bagikan kepada yang lainnya.

#Bojonegoro_03_Juni_2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelopak Bunga yang Terakhir (ANGST STORE)

Analisis Teks Argumentasi

Meningkatkan Budaya Positif