Menikmati Malam dengan Dzikrullah


Oleh: Muhammad Alim

Malam ini harus seperti biasanya.
Sampai pagi
Melek
Madep manteb
Jemari jentik-jentik 
Fikiran konsentrasi dan imajinasi
Hasilnya???
Harus lebih banyak.

Tak perlu khawatir
Ada kopi
Rokok se-slepi
Tumpukan materi
Dan sang pujaan hati yang setia menanti
Ehm ehm...
Yang terakhir ini jangan dimasukkan hati
Karena para jomblo tidak boleh membayangkannya
Bisa bahaya
Jika tidak segera menemukan pasangannya

      Terkadang kita bingung harus apa dan bagaimana? Hal itu bukan karena apa-apa, hanya saja saat itu kita lupa bahwa setiap hal apapun yang kita lihat, kita dengar, dan kita rasakan adalah pelajaran yang baik dari Allah SWT.

      Ketika kita blank, atau otaknya tak mau memikirkan apa-apa, rumusnya hanya satu saja. Yaitu, kita harus memaksa fikiran kita untuk mengambil sebuah pelajaran dari apa yang kita lihat, atau yang kita dengar, atau yang kita rasakan. Istilah kerennya kita harus "tadabbur alam", atau istilah yang lebih spesial lagi kita harus "Dzikrullah". Iya, Dzikrullah, ini bisa dan harus kita lakukan. Mengingat-ingat Allah SWT dalam setiap hal yang kita dengar, kita lihat, dan kita rasakan.

      Kita ambil contoh kecil saja. Ketika kita bengong di depan televisi dan sedang baringan. Handphone dengan 100 grup dan 500 kontak tidak ada satu pun chat yang tertuju kepada kita. Mau ngapa-ngapain malas. Pada saat itu, kita harus memaksakan diri kita, mata kita untuk melihat dinding ruangan yang kita tempati. Di dinding itu ada cat dengan ragam warnanya, ada jam dinding, ada gambar presiden dan wakilnya, dan lain sebagainya.

      Setelah itu kita harus fokus kepada salah satu diantara mereka. Nah, kita harus ber-Dzikrullah terhadap hal yang kita focuskan. Misalnya kita focuskan pada cat. Di dalam cat, ada kekuasaan Allah yang Maha Kuasa. Allah memberikan kekuasaannya dan kemampuannya kepada manusia untuk membuat cat yang begitu indah. Cara pembuatannya yang begitu jlimet, dan melalui banyak sekali proses dari bahan mentah hingga menjadi cat. Tanpa campur tangan kekuasaan Allah, yang diberikan kepada manusia, tak mungkin bahan-bahan mentah itu dapat berubah bentuk menjadi cat yang sangat indah.

      Dari hal yang kita lakukan tersebut, kita telah melakukan Dzikrullah sehingga menambah keimanan kita kepada Allah SWT. Kita semakin yakin bahwa Allah SWT itu sangat kuasa dan super kuasa atas segala sesuatu yang ada di dunia ini. Kemudian dengan Dzikrullah, waktu yang kita lewati tidak menjadi sesuatu yang sia-sia.

Lakukanlah kawan, maka kau akan semakin bertaqwa kepada Yang Maha Esa.

***
Bojonegoro, 19 Mei 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelopak Bunga yang Terakhir (ANGST STORE)

Analisis Teks Argumentasi

Meningkatkan Budaya Positif